Penjelasan Apa itu RAM dan ROM?

Apa itu RAM dan ROM

Apa fungsi RAM di telepon? Cukup banyak pengguna yang mengajukan pertanyaan Apa itu RAM. Dalam panduan yang kami siapkan, kami menjawab pertanyaan yang diajukan oleh banyak orang. Dalam panduan ini, kami juga menjawab pertanyaan tentang berapa banyak RAM yang harus ada di ponsel.

Kapasitas RAM smartphone telah meningkat pesat dengan perkembangan teknologi. Komponen hardware yang dulunya berkapasitas sangat kecil, kini telah naik menjadi 16 GB bahkan 18 GB. Misalnya, ponsel gaming Asus ROG Phoen 5 Ultimate memiliki RAM 18 GB.

Apa itu RAM dan ROM? Apa perbedaan di antara mereka?

Meskipun keduanya tampak seperti dua istilah yang mirip, ada perbedaan besar di antara mereka.

Banyak pengguna bertanya-tanya untuk apa kapasitas RAM tinggi di ponsel dan berapa banyak memori yang harus ada di perangkat seluler. Dalam artikel ini, kami telah menyertakan informasi penting tentang subjek yang membuat sebagian besar pengguna penasaran.

Apa Fungsi RAM di hp?

Bagi pengguna yang bertanya-tanya apa itu RAM, mari kita jelaskan dulu apa itu komponen perangkat keras. Kata RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Apa yang perlu Anda ketahui tentang komponen perangkat keras yang dimaksud adalah bahwa ini adalah jenis penyimpanan yang sangat cepat.

Smartphone biasanya menggunakan RAM untuk menyimpan data yang digunakan aplikasi aktif karena RAM cukup cepat dalam hal membaca dan menulis. Dengan cara ini, data aplikasi yang terbuka di perangkat disimpan dengan sangat cepat.

Mari kita jelaskan apa yang dilakukan komponen tersebut dengan sebuah contoh. Pikirkan RAM sebagai saku Anda dan penyimpanan ponsel Anda sebagai ransel Anda. Mengeluarkan sesuatu dari saku Anda jauh lebih cepat daripada mengeluarkan sesuatu dari ransel Anda.

Saat Anda menghidupkan ponsel atau menjalankan aplikasi untuk pertama kalinya, perangkat Anda mengambil sistem operasi dan data aplikasi dari partisi penyimpanan ponsel dan menyimpan sebagian besar sistem operasi dan data aplikasi ini dalam RAM. Dengan demikian, Anda dapat dengan cepat menggunakan berbagai fungsi dan fitur dari sistem operasi dan aplikasi.

Bahkan jika Anda berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, ponsel Anda akan menyimpan aplikasi dan semua yang Anda lakukan pada aplikasi tersebut di RAM ponsel cerdas Anda. Ketika Anda kembali ke aplikasi yang Anda gunakan beberapa waktu lalu, aplikasi itu terbuka dari tanah dengan cepat seolah-olah Anda tidak pernah meninggalkan aplikasi tersebut karena disimpan di RAM ponsel Anda.

Aplikasi yang Anda gunakan terus berjalan di latar belakang saat Anda menggunakan aplikasi lain. Dengan demikian, dimungkinkan untuk membuka aplikasi dengan cepat.

Berapa Banyak RAM yang Harus Dimiliki Ponsel Android?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, kita akan melihat lebih dekat bagaimana RAM bekerja pada perangkat Android.

Jika Anda menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows, semakin banyak memori, semakin baik kinerja sistem. Jika Anda berpikir ini juga berlaku untuk ponsel cerdas Anda, Anda agak salah.

Tidak sepenuhnya, hanya sedikit.

Android didasarkan pada kernel Linux, yang berjalan di bawah seperangkat aturan yang sama sekali berbeda dari komputer berbasis Windows, dan aturan penting berlaku untuk perangkat ini: RAM gratis adalah RAM yang terbuang percuma.

RAM bukanlah sesuatu yang perlu Anda pikirkan terlalu keras di sebagian besar perangkat berbasis Linux. Tidak perlu mengosongkan RAM untuk menginstal aplikasi lain di Android. Proses ini sudah terjadi secara otomatis dan lancar.

Jangan membuat pernyataan seperti ‘RAM Rendah Lebih Baik’ dari apa yang kami katakan. Tentu saja memori yang terlalu sedikit akan selalu menjadi masalah. Dan tentu saja terlalu banyak memori juga tidak buruk, tetapi itu tidak perlu.

Sementara banyak komputer saat ini masih datang dengan RAM 8 GB dan bahkan 4 GB dalam beberapa kasus, tidak dapat dimengerti untuk memiliki RAM 12 GB atau 16 GB pada smartphone yang Anda gunakan. Terus terang, ini tidak lebih dari strategi pemasaran.

Saat ini, RAM 4 GB dapat dianggap standar di perangkat Android. Di sisi lain, jika Anda ingin siap untuk semuanya, RAM 6 GB sudah cukup untuk Anda.

Jadi, Anda tidak membutuhkan memori yang terlalu besar. Terlalu banyak RAM tidak akan mengubah apa pun dalam penggunaan sehari-hari Anda dan hanya akan meningkatkan harga yang Anda bayar untuk sebuah smartphone. Namun, hal buruknya adalah produsen akan terus bersaing dalam hal ini, dan kami akan terus melihat jumlah memori yang konyol.

Jadi berapa GB RAM yang dimiliki smartphone Anda? Apakah ini cukup untuk Anda dan apakah Anda mengalami masalah dalam penggunaan sehari-hari? Menurut Anda berapa jumlah memori yang ideal?

Diatas kami sudah menjelaskan Apa itu RAM dan ROM, semoga dapat menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.