Masalah dan Solusi Disk usage 100 Windows

Solusi Disk usage 100 windows

Jika komputer melambat atau komputer mengalami Disk usage 100% dan Anda mengeluh tentang masalah seperti ini, maka akan berguna untuk membaca artikel ini, sebelum membawa komputer Anda ke layanan teknis. Kami menjalankan banyak program, permainan, atau perangkat lunak yang berbeda di komputer kami. Mungkin sangat sulit bagi komputer untuk menjalankan pekerjaan latar belakang saat menjalankan beban kerja yang berat seperti game.

Apa itu Masalah Disk usage 100%?

Wajar jika komputer Anda mengalami kesulitan saat Anda beralih ke desktop dan melakukan operasi yang berbeda saat permainan dengan kualitas grafis tinggi terbuka di komputer Anda; Namun, bukanlah situasi yang wajar jika komputer Anda hang, menunggu lebih dari yang diperlukan saat beralih antar tab, tidak memuat halaman, dan mogok dari waktu ke waktu, saat game atau beban kerja tidak berjalan di komputer Anda, sementara Anda hanya browsing internet.

Pada artikel ini, kami akan membahas alasan ini dan menjelaskan bagaimana Anda dapat menghilangkan masalah ini.

Apa Penyebab Masalah Disk usage 100%?

Memori virtual bertindak seperti RAM di sistem Anda. Kesalahan Pagefile.sys, terutama dalam kasus di mana RAM tidak mencukupi, penggunaan disk di komputer Anda adalah 100%. mungkin menjadi penyebab kesalahan.

Bagaimana Memperbaiki Masalah Disk usage 100%?

  • Superfetch – Nonaktifkan Fast Fetch
  • Matikan Pencarian Windows
  • Nonaktifkan Pemutar Flash
  • Nonaktifkan Defragmentasi Disk

Jika komputer Anda mulai melakukan tugas-tugas biasa, ada sesuatu yang salah. Pengelola tugas’Anda bisa mengerti dengan berlari

Untuk melakukan ini, klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager dari menu pop-up.
Jika partisi Disk dilaporkan dengan beban kerja 90 persen atau lebih pada tabel yang muncul di jendela yang terbuka, berarti ada yang salah dengan sistem Anda.

Jika Anda menemukan tabel serupa, Anda dapat mulai mencoba solusi yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Superfetch – Nonaktifkan Fast Fetch

Untuk menonaktifkan Superfetch, klik kanan pada tombol mulai dan pilih opsi “Jalankan” di menu yang terbuka, atau tekan tombol Windows dan tombol R secara bersamaan dari keyboard.
Di jendela yang terbuka, ketik services.msc di tempat kosong dan klik tombol OK.
Di jendela Layanan yang terbuka, temukan opsi Ambil Cepat dari opsi dan klik kanan padanya dan pilih “Properti”.
Ketika jendela Properties terbuka, buka menu Startup Type dan pilih Disabled, terakhir klik OK untuk menyimpan perubahan.

Mulai ulang komputer Anda agar perubahan diterapkan. Jika Anda menggunakan SSD, Anda dapat menyingkirkan beban sistem yang tidak perlu dengan mematikan fitur ini, karena fitur Fast Fetch tidak akan membantu Anda membuka program.

Superfetch – Fitur Fast Fetch dapat didefinisikan sebagai sistem yang mempersingkat waktu boot program di komputer Anda. Layanan ini pada dasarnya melacak program mana yang sering Anda jalankan dan membuat program ini siap digunakan sebelumnya. Dengan cara ini, kedua kali Anda membuka program yang sama, program terbuka lebih cepat. Namun fitur ini juga memiliki sisi buruk; itu juga mengalokasikan sebagian dari sumber daya sistem Anda untuk pekerjaan ini agar program favorit Anda siap bekerja sebelumnya. Dengan kata lain, Superfetch dapat terus-menerus menempati sumber daya sistem Anda. Anda dapat membebaskan beberapa sumber daya sistem Anda dengan menonaktifkan fitur ini. Metode ini bekerja sangat baik pada sistem dengan RAM rendah.

Matikan Pencarian Windows

Untuk pekerjaan ini, klik kanan pada tombol start dan pilih Command Prompt (Admin) dari menu pop-up.
Tutup jendela konfirmasi yang akan muncul, dan ketik perintah net.exe stop “windows search” di jendela Command Prompt yang terbuka dan tekan enter.
Perintah ini akan mematikan Pencarian Windows untuk sementara. Jika Anda ingin menonaktifkan Pencarian Windows secara permanen, klik kanan pada ikon menu mulai, seperti yang baru saja kami jelaskan, dan pilih Jalankan dari menu pop-up.

Ketik services.msc di jendela Run dan klik OK.

Di jendela Layanan yang terbuka, cari judul Pencarian Windows dan klik kanan pada fitur ini dan pilih Properties.
Di jendela Properties yang terbuka, atur Startup Type ke Disabled dan klik OK untuk menyimpan perubahan. Saat Anda me-restart komputer Anda, fitur Pencarian Windows akan dimatikan.

Masalah yang ditemui di Windows 8 dan Windows 10 menyebabkan fitur pencarian Windows, yang dikenal sebagai Pencarian Windows, masuk ke loop buntu dan terus-menerus bekerja pada disk Anda secara tidak perlu. Hal ini membuat sulit untuk membuka program Anda dan beralih di antara tab browser. Untuk menghilangkan masalah ini, Anda perlu mematikan fitur Pencarian Windows. Jika mau, Anda dapat menonaktifkan fitur ini secara permanen hingga komputer Anda dihidupkan ulang. Pertama-tama coba nonaktifkan fitur Pencarian Windows untuk sementara, jika Anda mendapatkan solusi, Anda dapat mematikan fitur ini secara permanen.

Nonaktifkan Pemutar Flash

Untuk pekerjaan ini, buka browser Anda dan ketik chrome://plugins/ di bilah alamat dan tekan enter.
Di jendela yang terbuka, pilih Nonaktifkan di bawah bagian Adobe Flash Player.

Meskipun Adobe Flash Player memungkinkan kita untuk menampilkan video dan konten multimedia di situs web, ini adalah plug-in yang sangat tidak efisien dalam hal penggunaan sumber daya sistem. Untuk alasan ini, sebagian besar situs sudah mulai beralih ke format HTML5. Sebagian besar waktu, kita bahkan mungkin tidak memerlukan Flash Player saat menggunakan Internet. Jika Anda tidak menonton video di situs dan tidak berurusan dengan konten multimedia, mungkin lebih baik Anda menonaktifkan Flash Player. Flash Player dapat menjadi mimpi buruk bagi pengguna Google Chrome dari waktu ke waktu. Halaman mungkin macet karena plugin ini dan browser Anda mengalami kesulitan memproses. Pengguna Google Chrome dapat dengan mudah menonaktifkan pengaya ini.

Nonaktifkan Defragmentasi Disk

Untuk menonaktifkan tugas terjadwal, pertama-tama tekan tombol Q dengan tombol Windows pada keyboard dan ketik penjadwal tugas di jendela pencarian yang terbuka.
Setelah memilih opsi Penjadwal Tugas yang muncul, klik judul “Perpustakaan Penjadwal Tugas” di area yang ditandai dengan warna merah di jendela yang muncul.
Opsi Perpustakaan Penjadwal Tugas akan terdaftar di area bertanda hijau. Periksa apakah ada tugas terkait Defragmentasi di bagian ini dan nonaktifkan jika Anda menemukannya.

Proses defragmentasi disk yang dilakukan di komputer Anda memastikan bahwa data dapat diakses dalam waktu yang lebih singkat di hard disk klasik dan meningkatkan kinerja disk. Namun, proses ini memakan waktu lama dan membuat komputer Anda bekerja lebih keras. Selain itu, jika Anda memiliki disk SSD, defragmentasi disk dapat menyebabkan masalah besar pada sistem Anda. Oleh karena itu, periksa apakah ada tugas Defragmentasi yang dijadwalkan pada sistem Anda. Bahkan jika Anda belum menetapkan tugas tersebut sendiri, program pemeliharaan dan keamanan yang diinstal pada komputer Anda dapat menjadwalkan tugas tersebut.

Selain 4 metode berbeda yang kami jelaskan, pindai komputer Anda secara teratur untuk mencari malware. Virus dan adware juga dapat menghabiskan sumber daya sistem yang signifikan di latar belakang.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Masalah dan Solusi Disk usage 100 Windows.

Leave a Reply

Your email address will not be published.